//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAHARANI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
GROUP INVESTIGATION TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : model pembelajaran, group investigation (GI), hidrokarbon Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar, hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Banda Aceh sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data penelitian yang diperoleh dari soal tes, lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata pengamatan kemandirian belajar siswa sebesar 72,50%. Angket kemandirian belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 70,89% menjadi 84,774%. Aktivitas siswa termasuk kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata pada pertemuan I adalah 90,62 % dan pada pertemuan II adalah 92,045%. Persentase rata-rata penilaian kelompok investigasi mencapai 89,334% dan persentase rata-rata penilaian laporan siswa mencapai 72,22%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada materi hidrokarbon mencapai 90%. Tanggapan siswa terhadap respon positif sebesar 83,57%, sedangkan respon negatif sebesar 16,43%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dan aktivitas siswa sangat baik pada setiap pertemuan. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe GI.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (RISA ARWINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy