PENGGUNAAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN DI KOTA SUBULUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN DI KOTA SUBULUSSALAM


Pengarang

Sari novita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808101010029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

515

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Analytical Hierarchy Process (AHP) adaJah suatu proses pengambilan keputusan dalarn penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif dengan kriteria majemuk. AHP tidak hanya membantu para pengambil keputusan untuk mencapai keputusan yang paling tepat, namun AHP juga dapat memberikan penjelasan yang rasional mengapa keputusan tersebut adalah yang paling tepat. Penggunaan AHP dimulai dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin diteliti. Matriks perbandingan berpasangan digunakan untuk membentuk hubungan di dalam struktur. Pada matriks perbandingan berpasangan tersebut akan dicari bobot dari tiap-tiap kriteria dengan menormalkan data dari pendapat responden. Nilai eigen maksimum dan vektor eigen yang dinormalkan akan diperoleh dari matriks ini. Pada proses menentukan faktor pembobotan hirarki maupun faktor evaluasi, uji konsistensi dilakukan. Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah untuk menentukan sektor unggulan di Kota Subulussalam. Analisis dilakukan terhadap 5 (lima) kecamatan di Kota Subulusslam yaitu Kecamatan Longkib, Penanggalan, Rundeng, Simpang Kiri dan Sultan Daulat. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa sektor unggulan didominasi oleh sektor perkebunan dan tanaman pangan, kemudian diikuti oleh sektor perdagangan dan peternakan. Sedangkan sektor lainnya adalah sektor pariwisata, kehutanan, angkutan, pertambangan dan perikanan.

Kata kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), struktur hirarki, matriks perbandingan berpasangan, sektor unggulan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK