KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEUKAN PIDIE MENULIS PANTUN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEUKAN PIDIE MENULIS PANTUN


Pengarang

Nurlaila - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006102100054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

411

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : kemampuan siswa menulis pantun

Kemampuan menulis pantun dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas siswa dalam menyusun pantun secara benar. Kemampuan menulis pantun ini merupakan bagian dari aspek menulis yang diajarkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui: (1) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Peukan Pidie menulis pantun; dan (2) kemampuan siswa kelas vn SMP
Negeri 2 Peukan Pidie menyesuaikan rima, jumlah bait, sampiran, dan isi yang ada pada pantun. Metode yang digunakan pada penelitian ini ada1ah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis merupakan pengembangan dari metode deskriptif, yakni metode yang mendeskripsikan gagasan manusia tanpa suatu analisis yang bersifat kritis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Peukan Pidie, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Peukan Pidie Tahun ajaran 2011/2012. Jumlah populasi tersebut adalah 160 orang siswa. Mengingat jumlah populasi ini relatif banyak, maka penulis menggunakan sistem sampel. Arikunto (1991: 107) menyatakan bahwa apabila subjek kurang dari 100, lebih balk diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika subjek lebih besar dapat diambil sampel antara 10-15% atau 20-25% atau Iebih. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VII yang dipilih dari dua kelas yaitu Vll, dan Vlh. Adapun teknik pengumpulan data pads penelitian ini adalah dengan instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas VII SMP Negeri 2 peukan pidie menulis pantun adalah 69.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK