IKLAN VISIT BANDA ACEH YEAR 2011 DI MEDIA MASSA DAN MINAT KUNJUNGAN (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP WISATAWAN PENGUNJUNG MUSEUM TSUNAMI BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IKLAN VISIT BANDA ACEH YEAR 2011 DI MEDIA MASSA DAN MINAT KUNJUNGAN (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP WISATAWAN PENGUNJUNG MUSEUM TSUNAMI BANDA ACEH)


Pengarang

Siti Sarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0710102010023

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.23

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Skripsi ini berjudul Iklan Visit Banda Aceh Year 2011 di Media Massa dan Minat Kunjungan (Studi Deskriptif Terhadap Wisatawan Pengunjung Museum Tsunami Banda Aceh). Pasca Tsunami dan konflik di Aceh, Pemerintah Aceh mencanangkan program tahun kunjungan, yaitu Visit Banda Aceh Year 2011. Tujuan dan pencanangan program ini adalah untuk memperkenalkan kawasan wisata Banda Aceh, dan menginformasikan kepada dunia bahwa Aceh telah aman dari konflik serta telah bangkit dari keterpurukan akibat bencana Tsunami 2004 silam. Pemerintah sendiri menargetkan sebanyak 200 ribu wisatawan baik asing maupun lokal dapat mengunjungi Banda Aceh. Demi mencapai target rnaka pemerintah kota Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata melakukan promosi besar- besaran melalui iklan Visit Banda Aceh Year 20 II di berbagai media massa, seperti, internet, TV, radio, majalah, koran, serta media lain seperti brosur, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Tidak dilakukan pengujian hipotesis. Peneliti hanya mengidentifikasi apakah iklan melalui elemen iklan (gambar, kata, musik, gerakan) yang ada dalam iklan Visit Banda Aceh Year 2011 menarik bagi responden dan melalui media massa apa iklan Visit Banda Aceb Year 20 II diketabui responden, serta apakah ikJan tersebut mampu menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh. Responden penelitian adalah wisatawan domestik dan mancanegara pengunjung museum Tsunami Banda Aceh. Yakni tempat yang dipilih mewakili berbagai tujuan wisata lain yang terdapat pada iklan. Proses pengumpulan data dilakukan secara accindetal sampling dengan membagikan kuesioner kepada 65 wisatawan yang pernah melihat iklan Visit Banda Aceh Year 2011. Dan hasil penelitian yang telah dilakukan, sebagian besar responden mengatakan iklan Visit Banda Aceh Year 2011 menarik baik dari segi gambar, kata, musik dan gerakan. Dari penelitian pula diketahui media yang paling banyak digunakan wisatawan dalam meLihat iklan Visit Banda Aceh Year 2011 adalah internet, kemudian diikuti televisi dan media-media lainnya seperti brosur, baliho, spanduk. Penelitian juga didapatkan hasil bahwa iklan Visit Banda Aceh Year 20 II mampu menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh. Namun, perlunya frekuensi iklan di media televisi nasional ditingkatkan serta penyajian informasi khususnya penggunaan bahasa asing yang dibutuhkan wisatawan mancancgara perlu mendapat perhatian Dinas Pariwisata Pemprov Aceh, untuk mencapai khalayak sasaran yang lebih luas.


Kala kunci : iklan VBAY 2011, media massa, minat kunjungan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK