MOTIVASI ATLET KARATE DALAM MENGIKUTI LATIHAN DOJO KORAMIL DARUL MAKMUR TAHUN 2021 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MOTIVASI ATLET KARATE DALAM MENGIKUTI LATIHAN DOJO KORAMIL DARUL MAKMUR TAHUN 2021


Pengarang

Meli Sarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ifwandi - 197506132000031001 - Dosen Pembimbing I
Amanda Syukriadi - 199205132019031013 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104020014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

796.815.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Meli Sarah. 2021. Motivasi Atlet Karate Dalam Mengikuti Latihan Dojo Koramil Darul Makmur Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Ifwandi, S.Pd., M.Pd. (2) Amanda Syukriadi, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Motivasi, Atlet, Latihan, Karate

Motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seseorang individu atau atlet karena motivasi dapat memicu seseorang untuk melakukan suatu hal yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motivasi atlet karate dalam mengikuti latihan Dojo Koramil Darul Makmur Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, data penelitian ini bersumber pada atlet yang menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dengan jumlah sampel 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ketertarikan atlet untuk mengikuti latihan mereka merasa cukup senang. (2) Motivasi untuk mengikuti latihan karate karena keinginan dari dalam diri sendiri untuk menyalurkan bakat dan menjadi atlet yang berprestasi. (3) Penghargaan yang diberikan kepada atlet yang berprestasi itu dalam bentuk mendali, piagam penghargaan dan uang pembinaan terhadap atlet yang berprestasi. (4) Sarana dan prasarana yang berada di lingkungan Dojo Koramil bisa dikatakan cukup, dimana sarana dan prasarana juga merupakan faktor pendukung terhadap pengembangang prestasi atlet. Adapun saran bagi pelatih untuk selalu memberikan dorongan mental dan semangat untuk atlet agar bersemangat latihan. Serta bagi atlet memiliki kesadaran untuk memiliki motivasi untuk mengikuti latihan, agar bisa meraih prestasi baik tingkat daerah maupun nasional.

Citation



    SERVICES DESK