BENTUK KEPEDULIAN PEMERINTAH KABUPATEN SIMEULUE TERHADAP MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

BENTUK KEPEDULIAN PEMERINTAH KABUPATEN SIMEULUE TERHADAP MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAH


Pengarang

YESI GUSMAYANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Erna Hayati - 195911041990032001 - Dosen Pembimbing I
Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101010027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

361.6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Gusmayanti, Yesi. 2021. Bentuk Kepedulian Pemerintah Kabupaten Simeulue Terhadap Masyarakat Kurang Mampu Di Kecamatan Simeulue Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Erna Hayati, SH., M. Hum. (2) Hasbi Ali., S.Pd, M.Si.
Kata Kunci: Kepedulian, Masyarakat Kurang Mampu, Kabupaten Simeulue.
Bentuk Kepedulian Pemerintah merupakan suatu tindakan nyata Pemerintah Kabupaten Simeulue Terhadap Masyarakat Kurang Mampu yang ada di Kecamatan Simeulue Tengah dalam upaya Mensejahterakan Masyarakatnya dalam berbagai aspek sehingga dapat meningkatkan Kreatifitas Masyarakat hingga Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Bagaimana bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Simeulue terhadap masyarakat kurang mampu dalam bidang pendidikan, perumahan, dan ekonomi di Kecamatan Simeulue Tengah, (2) Mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap kepedulian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu di Kecamatan Simeulue Tengah. Dengan Menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber Data Penelitian dari 2 orang Kepala Dinas, 1 Orang Kepala Badan, 1 Orang Camat, 3 Orang Kepala Desa dan 9 Orang Masyarakat Penerima Manfaat. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi dan Wawancara. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa: (1) bentuk kepedulian pemerintah dibidang pendidikan yaitu program peduli pendidikan, dibidang ekonomi yaitu bantuan alat perikanan dan dibidang perumahan yaitu pembangunan atau rehabilitasi rumah tidak layak huni sedangkan, (2) respon yang didapatkan adalah Kepedulian bidang Pendidikan sudah sangat Efektif, Bentuk Kepedulian Ekonomi belum Efektif dan Bentuk Kepedulian Pembangunan/Rehabilitasi Rumah Efektif. Adapun simpulan penelitian yang didapatkan adalah: (1) bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Simeulue ada dan dalam berbagai bentuk, (2) respon penerima manfaat berbeda-beda sesuai dengan bantuan yang disalurkan. Kemudian saran dari penelitian ini adalah: (1) kepada pemerintah agar selalu memantau dan mengevaluasi terhadap berbagai bentuk kepedulian yang telah disalurkan dilapangan. (2) kepada penerima agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan Pemerintah serta menjaga dan mengolah dengan baik agar dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK