Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 KOTA JANTHO
Pengarang
RISKI ANDAYANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Muhammad Yunus - 197203102005011001 - Dosen Pembimbing I
Ruslan - 197602032003121001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101010031
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PPKN., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Andayani, Riski. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Muhammad Yunus, S.Pd., M.Pd., (2) Dr. Ruslan, S.Pd., M.Ed.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Blended Learning
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho”. Penelitian ini mengangkat permasalahan kurangnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Kota Jantho yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada mata pelajaran PPKn. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada setiap pertemuan di setiap siklusnya, rata-rata keseluruhan indikator keaktifan belajar peserta didik pada siklus I pertemuan pertama sebesar 62,68% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 71,37%. Pada siklus II pertemuan pertama kekatifan belajar peserta didik sebesar 77,93% kemudian pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83,81%. Selain itu, dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik. Pada nilai awal pra siklus rata-rata ketuntasan belajar peserta didik sebesar 36,3%. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 59%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 86,3% dari 22 peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho dapat meningkatkan keaktifan belajar dan dengan menerapkan model pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Kota Jantho dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Tidak Tersedia Deskripsi
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA RNMATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 TAPAKTUAN (Dina Ulyana Sn, 2022)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KUTACANE (Putri Kapli, 2021)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU (Novianti, 2021)
PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (RIZQA AFDHILA, 2017)