FAKTOR- FAKTOR MAHASISWI TIDAK BERPAKAIAN SESUAI DENGAN KETENTUAN SYARIAT ISLAMRN( PENELITIAN PADA MAHASISWI FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH ) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR- FAKTOR MAHASISWI TIDAK BERPAKAIAN SESUAI DENGAN KETENTUAN SYARIAT ISLAMRN( PENELITIAN PADA MAHASISWI FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH )


Pengarang

Rika Adriati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0406104010031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

391.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kewajiban berbusana islami diatur dalam peraturan pemerintahan propinsi NAD No. 5
Th 2000 tentang pelaksanaa syariat islam pasal 15 ayat 3 dan peraturan Rektor Unsyiah
pasal 7 ayat 1 dan 2 tentang penampilan, pasal 9 ayat 1,2 dan 3 tentang pakaian bagi perempuan. Penerapan syariat islam di NAD belum bisa dikatakan sempurna karena masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dan belum ada tindak lanjut dari pihak syariat, misalnya cara berpakaian kaum muslimah itu sendiri masih jauh
menyimpang dari ketentuan syariah, hal ini terjadi dikarenakan berbagai faktor yaitu latar belakang pendidikan agama keluarga serta pengaruh lingkungan dan pergaulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pakaian yang dikenakan mahasiswi FKIP Unsyiah sudah sesuai dengan syariat islam dan faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiwi FKIP Unsyiah tidak berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi yang aktif kuliah pada FKIP Unsyiah yang berjumlah 2061 mahasiswi. Sedangkan yang menjadi sampel hanya I 0% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 206 mahasiswi, sampel diambil dengan teknik Random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa angket. Setelah data dikumpul lalu diolah dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswi FKIP Unsyiah telah menggunakan pakian sesuai dengan ketentuan syariat islam dan masih ada juga sebagian kecil yang belum berpakaian sesuai dengan ketentua syariat islam. Faktor yang mempengaruhi mahasiswi tidak berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat islam dikarenakan, (I) latar belakang pendidikan agama keluarga, (2) pengaruh lingkungan dan keluarga. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswi yang belum berpakaian sesuai denga ketentuan syariat islam untuk merobahnya perlahan-lahan agar mengenakan pakaian yang lebih sopan dan syar'i, agar pelaksanaan syariat islam berlangsung secara sempurna, maka diharapkan untuk dapat meningkatkan kesadaran pada diri masing-masing supaya tidak terpengaruhi oleh pengaruh lingkugan dan pergaulan yang menjurus kepada hal-hal yang bertentangan dengan ketentua syariay islam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK