//

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS XI SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN AJARAN 2013/2014 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herizal - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
PROBLEM SOLVING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Kemampuan, Problem Solving, Masalah Aljabar Pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran dan penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan. Pengetahuan yang telah dimiliki dapat diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin. Melalui kegiatan ini aspek-aspek matematika penting seperti penerapan aturan pada masalah tidak rutin, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain dapat dikembangkan secara lebih baik. Dengan demikian, kemampuan Problem Solving menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk berbagai jenjang pendidikan. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI SMA Negeri Modal Bangsa Tahun Ajaran 2013/2014 dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan problem solving siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan problem solving tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran antara kuantitatif dan kualitatif serta jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI SMA Negeri Modal Bangsa dan pengumpulan data dilakukan melalui tes serta wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik chi kuadrat. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri Modal Bangsa Tahun Ajaran 2013/2014 memiliki kemampuan problem solving yang baik dalam menyelesaikan masalah aljabar. Namun, jika melihat keempat langkah problem solving yang dikemukakan oleh Polya, siswa masih kurang dalam hal merencanakan penyelesaian dan melakukan pengecekan kembali. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan problem solving siswa yaitu: faktor kognitif (kemampuan membaca, kemampuan analisis dan logika serta skill menghitung dengan tepat), faktor pengalaman (latar belakang pengetahuan matematika sebelumnya dan familiar dengan masalah non rutin serta strategi-strategi penyelesaian masalah), dan faktor afektif (ketertarikan terhadap masalah yang diberikan, motivasi, dan ketekunan).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (fajriah, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

PENERAPAN METODE MENGAJAR PROBLEM SOLVING PADA DOMAIN KOGNITIF TINGKAT TINGGI DALAM MATERI DIMENSI TIGA DI KELAS X SMAN MODAL BANGSA (Siti Hajar, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Mila Siarama, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy