ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KOMODITI PERIKANAN DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KOMODITI PERIKANAN DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM


Pengarang

Syahril - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0101101010092

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

382.6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul " Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Komoditi Perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam", adapun permasalahannya adalah seberapa besar Japan Income Index dan Kurs rupiah terhadap Yen Jepang mempengaruhi volume ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam.
Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam
bentuk (Time Series) dari tahun 1973 sampai dengan tahun 2001. Data ini dibatasi hanya sampai tahun 2001 karena data yang tercatat sebagai data ekspor Nanggroe Aceh Darussalam hanya sampai tahun 200 I. Data yang digunakan meliputi variabel Japan Income Index, Kurs rupiah terhadap Yen Jepang dan volume ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam. Semua data tersebut diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Disperindag Kop UKM Nanggroe Aceh Darussalam, Bank Indonesia dan kantor-kantor lainnya serta dari berbagai sumber dan literatur lain yang ada kaitannya dengan penelitian ini.
Dari basil penelitian menunjukan bahwa volwne ekspor komoditi perikanan
Nanggroe Aceh Darussalam mengalami fluktuasi. Hasil estimasi menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini terlihat dari pengujian secara parsial, di mana hanya variabel Japan Income Index dalam penelitian ini yang berpengaruh signifikan terhadap ekspor komoditi perikanan Naggroe Aceh Darussalam. Sementara kurs ternyata secara partial tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam. Hal ini disebabkan karena negara tujuan ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam sangat terbatas maka fluk:tuasi rupiah tidak begitu berpengaruh terhadap ekspor komoditi perikanan.
Statistik uji F (F-test), dari hasil estimasi menunjuk.kan secara keseluruhan variabel Japan Income Index dan kurs berpengaruh positif terhadap volume ekspor komoditi perikanan Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan uji T (t-test) hanya variabel Japan Income index yang berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam.
Koefesien determinan (R' ) sebesar 0,457 artinya variabel bebas yang terdiri dari Japan Income Index, dan kurs berpengaruh terhadap ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam sebesar 45,70 persen dan sisanya sebesar 54,30 persen dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini.
Dalam penelitian ini hanya ada dua variabel yang menentukan volume ekspor komoditi perikanan di Nanggroe Aceh Darussalam yaitu Japan Income Index dan kurs. Padahal secara teoritis terdapat variabel lain seperti daya saing, suku bunga, tarif dan Iainnya.













Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK