PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU


Pengarang

Novianti - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Okta Ridha Maulidian - 198810142014041001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Novianti. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Quiz dengan Model Pembelajaran Guided Teaching dalam Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Indra Makmu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.


Pembimbing:

1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si
2) Muhammad Okta Ridha Maulidian, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: perbandingan hasil belajar, kooperatif team quiz, guided teaching.

Penelitian ini berkaitan dengan perbandingan hasil belajar peserta didik dari dua model pembelajaran yaitu kooperatif Team Quiz dan Guided Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik pada pelajaran geografi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diterapkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Indra Makmu berjumlah 35 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling diambil hanya dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 18 peserta didik dan XI IPS 2 sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kemampuan Awal, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran geografi yang menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,69 sedangkan thitung=0,87, dari pengolahan data diperoleh thitung

Citation



    SERVICES DESK