PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Cut Lisaputri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103020020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

372.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Problem Posing, Bangun Datar.

Pendekatan problem posing atau pengajuan masalah-masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memancing siswa untuk menemukan pengetahuan melalui upaya siswa untuk mencari bubungan-hubungan dalam informasi yang dipelajarinya. Umumnya siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh hanya menghafal sifat-sifat suatu bangun atau rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung luas atau keliling suatu segiempat. Masalah dalam penelitian ini (l) apakah melalui pendekatan problem posing siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2012?; (2) bagaimana kemampuan problem posing siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2012? Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) menget.ahui hasil belajar siswa terhadap materi bangun datar segiempat melalui penerapan pendekatan problem posing di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh; (2) mengetahui kemampuan problem posing siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedan gkan sampel diambil satu kelas secara purposive sampling yaitu kelas VII, yang diterapkan pendekatan problem posing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes basil belajar dan tes problem posing siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05, dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) melalui penerapan pendekatan problem posing siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh; (2) siswa mampu mengajukan soal matematika sesuai dengan informasi yang diberikan, walaupun umumnya soal yang diajukan mengandung proposisi tugas dan mempunyai relasi satu, ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan soal yang diajukan umumnya masih rendah.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK