//

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH, EKSPOR, INFRASTRUKTUR JALAN DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PENDAPATAN NASIONAL INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIANA SARI - Personal Name
SubjectINCOME
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Diana Sari NIM : 0701101010079 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Dr. Muhammad Nasir, SE, M.Si Judul : Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Ekspor, Inftrastruktur Jalan dan Jumlah Penduduk Terhadap Pendapatan Nasional Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah, ekspor, inftrastruktur jalan dan jumlah penduduk terhadap pendapatan nasional Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari berbagai instansi yang terkait. Data dimaksud adalah data time series dalam bentuk tahunan selama periode tahun 1995-2012 (n=18). Peralatan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode ordinary least square (OLS). Penelitian menemukan bahwa Pengeluaran pemerintah, ekspor, infrastruktur jalan dan jumlah penduduk berpengaruh positif terhadap pendapatan nasional Indonesia. Semakin besar pengeluaran pemerintah dan ekspor, semakin baik infrastruktur jalan (yang diukur dari panjang jalan) dan semakin besar jumlah penduduk maka pendapatan nasional Indonesia juga akan meningkat. Hasil pengujian statistik menemukan baik baik secara simultan maupun parsial Pengeluaran pemerintah, ekspor, infrastruktur jalan dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nasional Indonesia. Peningkatan pengeluaran pemerintah secara nyata dapat meningkatkan pendapatan nasional Indonesia. Demikian pula halnya dengan peningkatan ekspor, infrastruktur jalan dan jumlah penduduk juga secara nyata dapat meningkatkan pendapatan nasional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, pendapatan nasional Indonesia secara nyata dipengaruhi oleh pengeluaran pemerintah, ekspor, inftrastruktur dan jumlah penduduk. Karena itu, sebaiknya pemerintah berupaya untuk meningkatkan pengeluaran pemerintah, ekspor dan memperluas jaringan infrastruktur jalan di seluruh Indonesia. Kata Kunci : Pendapatan Nasional, Pengeluaran Pemerintah, Ekspor, Inftrastruktur Jalan dan Jumlah Penduduk.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ACEH BARAT (KODRAT HIDAYATULLAH, 2016)

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI INDONESIA (FAIZANNA, 2020)

PERMINTAAN AGGREGAT IMPOR INDONESIA DARI SISI KOMPONEN PENGELUARAN: PENDEKATAN ARDL (HIDAYATUL AKMAL, 2016)

PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI INDONESIA (Subhan, 2021)

PENGARUH KEBIJAKAN FISKAL DAN MONETER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (NURI ROSMIKA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy