KENDALA-KENDALA GURU BIDANG STUDI MIPA DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PADA SLTP NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

KENDALA-KENDALA GURU BIDANG STUDI MIPA DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PADA SLTP NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Zauliah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

9961332114

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2005

Bahasa

Indonesia

No Classification

375

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) merupakan kurikulum baru tahun
2004 yang sudah mulai diterapkan di SLTP Negeri se-Kota Banda Aceh. Tentu saja dalam pelaksanaan kurikulum ini guru mengalami kendala, oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan judul Kendala-kendala guru bidang studi Ml.PA dalam menerapkan kurikulum berbasis kompetensi pada SLTP Negeri se-Kota Banda Aceh.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi MTPA yang ada di SLTP negeri se-Kota Banda Aceh yang berjumlah 157 orang yang tersebar di 18 SLTP Negeri se-Kota Banda Aceh, sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 36 orang guru bidang studi MIPA yang tersebar di 6 SLTP Negeri se Kota Banda Aceh dan telah menerapkan KBK. Data tentang kendala yang dialami guru MIPA diperoleh melalui angket tertutup dengan jumlah soal 20 butir dan menggunakan empat altematif jawaban yaitu, a, b, c dan d. dan dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MJPA di SLTP Negeri se-Kota Banda Aceh mengalami kendala dalam menerapkan KBK, antara lain fasilitas tidak mendukung, jumlah siswa terlalu banyak, sementara jumlah waktu sedikit, dalam persiapan mengajar maupun dalam memberikan nilai kepada siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK