IMPLEMENTASI MODUL E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KALOR DI SMA NEGERI 1 TAPAKTUAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI MODUL E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KALOR DI SMA NEGERI 1 TAPAKTUAN


Pengarang

M. HASANUL FATTA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing I
Soewarno S - 195609131985031003 - Dosen Pembimbing II
Ahmad Farhan - 196606031991031003 - Penguji
Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030043

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul berbasis web dan peserta didik yang tidak menggunakan e-modul berbasis web. Selain itu, juga untuk melihat ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelompok yang menggunakan e-modul berbasis web dengan kelompok yang tidak menggunakan e-modul berbasis web. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Pada penelitian ini dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dinyatakan dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis modul yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata N-Gain untuk kedua kelompok memiliki kriteria sedang. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan e-modul berbasis web dengan kelompok yang tidak menggunakan e-modul berbasis web

This study aims to determine the increase in learning outcomes of students who use web-based e-modules and students who do not use web-based e-modules. In addition, it is also to see whether there is a difference in the improvement of student learning outcomes between groups using web-based e-modules and groups not using web-based e-modules. The method used in this study is a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design. In this study, pre-test and post-test were conducted to determine the increase in student learning outcomes. The increase in student learning outcomes is expressed by N-Gain. The results showed that the two types of modules used can improve student learning outcomes, where the average value of N-Gain for both groups has moderate criteria. There is a difference in the improvement of student learning outcomes between groups using web-based e-modules and groups not using web-based e-modules

Citation



    SERVICES DESK