//

UPAYA WILAYATUL HISBAH MENANGGULANGI PELANGGARAN TIDAK BERBUSANA ISLAMI MELALUI PATROLI RNDI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANIS SAPUTRA - Personal Name
SubjectISLAMIC LAW
POLICE-LAW
CLOTHING-CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ANIS SAPUTRA, UPAYA WILAYATUL HISBAH MENANGGULANGI 2014 PELANGGARAN TIDAK BERBUSANA ISLAMI MELALUI PATROLI DI KOTA BANDA ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 51) pp., tabl., bibl. DR. MOHD. DIN, S.H., M.H. Qanun Nomor 11 Tahun 2002 tentang pelaksanaan Syariat Islam di bidang Aqidah, Ibadah dan Syi’ar Islam yang pada Pasal 13 mengatur mengenai penggunaan busana Islami. Qanun tersebut melalui Pasal 14 mengamanatkan kepada wilayatul Hisbah untuk mengawasi, melakukan penertiban dan melakukan pembinaan terhadap orang yang melanggar ketentuan Qanun tersebut, Namun kenyataannya masih banyak terjadi pelanggaran tidak berbusana Islami yang seharusnya hal ini dapat di cegah oleh Wilayatul Hisbah guna menerapkan Syariat Islam secara kaffah di kota Banda Aceh Penulisan skiripsi ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Wilayatul Hisbah menanggulangi pelanggaran tidak berbusana Islami sesuai dengan penerapan Qanun Nomor 11 Tahun 2002 melalui patroli dan faktor-faktor yang menghambat Wilayatul Hisbah dalam menanggulangi pelanggaran tidak berbusana islami di kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat yuridis empiris, yaitu suatu pelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan penelitian pelaksanaan di lapangan dengan mengacu pada keilmuan hukum yang menggunakan metode pendekatan penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya penanggulangan pelanggaran penggunaan busana Islami yang dilakukan oleh Wilayatul Hisbah melalui patroli adalah dengan melakukan patroli rutin dan patroli khusus keseluruh wilayah kerja Wilayatul Hisbah dan ke tempat-tempat yang dicurigai terjadinya suatu pelanggaran serta dibarengi dengan penertiban dan sosialisasi mengenai Syariat Islam yang diterapkan di Kota Banda Aceh. Faktor yang menghambat Wilayatul Hisbah menanggulangi pelanggaran tidak berbusana islami disebabkan oleh faktor kurangnya jumlah mobil patroli, Faktor sedikitnya jumlah anggota Wilayatul Hisbah, terbatasnya Kewenangan Wilayatul Hisbah yang diberikan Qanun Nomor 11 Tahun 2002 yang mengakibatkan Wilayatul Hisbah kesulitan dalam menerapkan Sanksi dan tindak lanjut penanganan bagi para pelanggar, Faktor kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat serta faktor kurangnya kepercayaan masyarakat pada Wilayatul Hisbah. Disarankan kepada Wilayatul Hisbah untuk secara rutin melakukan patroli baik secara rutin maupun khusus keseluruh wilayah dengan dibarengi dengan soaialisasi tentang Syariat Islam, Wilayatul Hisbah juga harus menambah jumlah armada mobil patroli dan menambah jumlah personil agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya, Wilayatul Hisbah juga Harus meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada mereka serta menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap penerapan Syariat Islam di Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA WILAYATUL HISBAH (WH) KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERSYARIAT ISLAM BAGI REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rizki Amalia, 2016)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN ISLAMI BAGI PELANGGAR NORMA-NORMA AGAMA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Yahnijar, 2014)

STATISTIK KRIMINAL JARIMAH KHALWAT (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM WILAYATUL HISBAH KOTA BANDA ACEH) (SURFA ZULHASMI, 2019)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MEWUJUDKAN BUSANA ISLAMI PADA PEMBUATAN VIDEOKLIP LAGU ACEH (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Syafridawati, 2016)

PERKEMBANGAN LEMBAGA SATUAN WILAYATUL HISBAH DI KOTA BANDA ACEH, 2000 – 2016 (Meri Andriani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy