PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

YURI ALVIRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101040027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Alvira, Yuri. 2021. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning dan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Novia Zalmita, S.Pd, M. Pd., (2) Muhammad Okta Ridha M., S.Pd, M.Pd.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, Brain Based Learning, Whole Brain Teaching
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri peserta didik. Model pembelajaran merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning dan model pembelajaran Whole Brain Teaching pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasie Raja Kebupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pasie Raja, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample, diambil dua kelas penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebanyak 23 peserta didik dan kelas XI IPS 2 sebanyak 26 peserta didik. Teknik analisis data berupa analisis kemampuan awal, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Data diolah menggunakan rumus uji-t dengan memenuhi syarat normal dan homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Whole Brain Taeching.
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK