PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN TERHADAP PEMBINAAN ANAK CACAT YANG DILAKUKAN GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SUATU PENELITIAN PADA SMALB YPAC KAMPUNG KEURAMAT BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN TERHADAP PEMBINAAN ANAK CACAT YANG DILAKUKAN GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SUATU PENELITIAN PADA SMALB YPAC KAMPUNG KEURAMAT BANDA ACEH)


Pengarang

Novitasari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0061432954

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Proses pendidikan formal diselenggarakan melalui tiga layanan utama yaitu, layanan administasi dan supervisi, pengajaran serta layanan Bimbingan dan Konseling. Layanan bimbingan konseling merupakan suatu layanan pendukung guna terlaksananya Proses Belajar Mengajar yang baik di sekolah guna mencapai suatu tujuan. Penelitian ini pada dasarnya mengungkapkan tentang pelaksanaan layanan bimbingan terhadap pembinaan anak cacat yang dilakukan guru pada SMALB YPAC di Kampung Keuramat Banda Aceh. Adapun tujuan penclitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis layanan bimbingan yang diberikan guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan layanan bimbingan terhadap anak cacat. Populasi penelitian adalah 20 orang yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini yang diambil secara keseluruhan. Data
penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan scbagai alat pengolahan datanya digunakan rumus Persentasec. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan layanan bimbingan di SMALB YPAC Banda Aceh diketahui bahwa, sebagian besar guru telah melaksanakan bimbingan pribadi dan hanya sebagian kecil saja guru dapat melaksanakan bimbingan pembelajaran serta kurang dari setengah guru tclah mampu mclaksan akan bimbingan sosial, komunikasi serta bimbingan penempatan dan penyaluran pada siswanya di sekolah. Semcntara itu, faktor yang menghambat guru dalam melaksanakan layanan bimbingan di SMALB YPAC Banda Aceh lebih didominasi oleh faktor keadaan siswanya itu sendiri. Ada bebragai jenis layanan bimbingan lainnya yang dapat dilaksanakan guru dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa di sekolah sehingga ia mampu meraih prestasi yang lebih baik, seperti layanan bimbingan; orientasi, informasi, bimbingan kelompok, konseling individual dan layanan konseling kelompok. Untuk itu, diharapkan perlu penelitian lebih lanjut guna mcngembangkan pelaksanaan layanan bimbingan pada siswa di sckolah dan dapat memberikan sumbangan yang bermakna dalam upaya mendorong siswa untukmencapai prestasi belajar yanglebih baik dimasa akan datang.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK