SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI ACEH JAYA


Pengarang

MUHAMMAD YANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050041

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI ACEH JAYA

Oleh : Muhammad Yani
NPM : 1709200050041

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Supervisi akademik merupakan bagian penting dalam penerapan kegiatan pendidikan di Sekolah, sesuai dengan itu, tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan Faktor penghambat dan pendukung program pelaksanaan supervisi Akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru biologi di SMA Negeri Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Setia Bakti, Kepala SMA Negeri 1 Calang, Kepala SMA Negeri Krueng Sabee, guru biologi setiap sekolah masing-masing. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan dirumuskan melalui musyawarah dengan guru untuk menentukan aspek yang diperlukan dalam perencanaan program supervisi. 2) Pelaksanaan supervisi akademik melibatkan seluruh sumberdaya yang dimiliki dengan mengikuti prosedur supervisi, baik waktu serta materi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan supervisi. 3) Tindak lanjut kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan pembinaan dan peningkatan yang dilakukan melalui pelatihan dan seminar mengenai kompetensi pedagogik guru. 4) Faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu keterbatasan waktu serta supervisor yang mampu untuk melaksanakan supervisi, sedangkan faktor pendukung yaitu tingginya kemauan dari para guru dalam melaksanakan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi, yang di dasari oleh tanggungjawab moral atas jabatan yang dimiliki.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pedagogik dan Guru Biologi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK