Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011
Pengarang
Winta Alexandria - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0907101190003
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
362.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas harus terus ditingkatkan, karena upaya peningkatan mutu akan berdampak pada peningkatan status kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan di Poli Umum Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar tahun 2011. Populasi penelitian ini adalah masyarakat layanan poli umum sebanyak 3971 orang dan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 - 24 Oktober 2011 di Poli Umum Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian terhadap subvariabel di dapatkan hasil: kualitas pelayanan kesehatan ditinjau dari aspek tangible berada pada katagori baik sebanyak 61 responden (56,5%), aspek reliability berada pada katagori baik: sebanyak 73 responden (67.6%). aspek responsiveness berada pada katagori baik sebanyak 64 responden (59,3%), assurance berada pada katagori baik sebanyak 68 responden (63,0%) dan aspek empathy berada pada katagori baik sebanyak 82 responden (75,9%). Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan kepala Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar agar tetap dapat meningkatkan kualitas sumber daya petugas Puskesmas melalui pelatihan dan seminar khususnya petugas kesehatan di Poli Umum dan meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai demi kelangsungan pelayanan kesehatan yang optimal dalam mencapai tingkat kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Poli Umum, Puskesmas
Tidak Tersedia Deskripsi
PELAKSANAAN PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MASYARAKAT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Sandy Irtama, 2014)
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN PENYAKIT KRONIS DI PUSKESMAS DARUL IMARAH KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR TAHUN 2013 (Irma Junita, 2013)
HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN 2013 (Anzaryani, 2014)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)