GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011


Pengarang

Winta Alexandria - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101190003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

362.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas harus terus ditingkatkan, karena upaya peningkatan mutu akan berdampak pada peningkatan status kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan di Poli Umum Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar tahun 2011. Populasi penelitian ini adalah masyarakat layanan poli umum sebanyak 3971 orang dan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 - 24 Oktober 2011 di Poli Umum Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian terhadap subvariabel di dapatkan hasil: kualitas pelayanan kesehatan ditinjau dari aspek tangible berada pada katagori baik sebanyak 61 responden (56,5%), aspek reliability berada pada katagori baik: sebanyak 73 responden (67.6%). aspek responsiveness berada pada katagori baik sebanyak 64 responden (59,3%), assurance berada pada katagori baik sebanyak 68 responden (63,0%) dan aspek empathy berada pada katagori baik sebanyak 82 responden (75,9%). Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan kepala Puskesmas Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar agar tetap dapat meningkatkan kualitas sumber daya petugas Puskesmas melalui pelatihan dan seminar khususnya petugas kesehatan di Poli Umum dan meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai demi kelangsungan pelayanan kesehatan yang optimal dalam mencapai tingkat kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Poli Umum, Puskesmas






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK