IDENTIFIKASI FAKTOR PENERAPAN KEWENANGAN KLINIS PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI FAKTOR PENERAPAN KEWENANGAN KLINIS PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Zukira Herawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010025

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

610.73

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kewenangan klinis (clinical privilege) merupakan hasil proses dari sarana kesehatan yaitu memberikan kewenangan dalam batas yang ditetapkan. Pada kenyataannya, penerapan jenjang karir perawat klinis di rumah sakit masih bervariasi dimana penerapan level karir perawat masih dilakukan berdasarkan kebutuhan, bukan berdasarkan jenjang karir yang di dapatkan. Pada dasarnya perawat dalam memberikan asuhan keperawatan berbasis profesional, dilakukan sesuai dengan kewenangan dan penugasan klinis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penerapan kewenangan klinis perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa yang berjumlah 87 perawat. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penerapan kewenangan klinis perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh berada pada kategori sangat baik (66,7%). Hasil untuk masing-masing sub-variabel pada faktor kepemimpinan (80,8%) kategori sangat baik, beban kerja (48,7%) kategori baik, supervisi (70,5%) kategori sangat baik, dan evaluasi (47,4%) kategori baik. Diharapkan kepada Komite Keperawatan sebagai pihak yang mengusulkan pemberian kewenangan klinis pada Perawat Kinik (PK) dapat melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala supaya perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan diberikan sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK