PENGARUH JENIS MEDIA MANAM DAN KONSENTRASI ZPT ROTONNE-F TERHADAP PERTUMBUHAN VEGEGTATIF SETEK TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH JENIS MEDIA MANAM DAN KONSENTRASI ZPT ROTONNE-F TERHADAP PERTUMBUHAN VEGEGTATIF SETEK TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH)


Pengarang

RASIDIN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1605150010018

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (Gayo Lues) (S1) / PDDIKTI : 54212

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Produksi minyak nilam di Indonesia per tahunnya mencapai rata-rata diatas USD 20 juta. Dari angka tersebut dapat dikatakan bahwa tanaman nilam mempunyai prospek pasar paling baik dan paling luas. Salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu media tanam umumnya masih memanfaatkan topsoil karena masih memiliki kandungan mineral dan bahan organik yang tinggi. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan pupuk kandang dan biochar sebagai bahan media tanam dan konsentrasi ZPT Rootone-F untuk meningkatkan pertumbuhan bibit nilam baik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah tunas, panjang tunas, volume akar dan jumlah akar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 4. Faktor pertama yaitu pengaruh jenis media tanam terdiri dari 3 taraf yaitu tanah (kontrol), pupuk kandang dan biochar. Faktor kedua yaitu konsentrasi ZPT Rootone-F terdiri dari 4 taraf yaitu 0 gram L-1, 1,00 gram L-1, 1,50 gram L-1 dan 2,00 gram L-1. menunjukkan bahwa jenis media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tunas, jumlah tunas, jumlah daun dan diameter tunas pada umur 15, 30, 45, 60, 75, dan 90 HST, jumlah akar, pajang akar, berat basah akar, berat kering akar, berat berangkasan basah dan berat berangkasan kering pada umur 90 HST. konsentrasi ZPT Rootone-F terhadap pertumbuhan setek tanaman nilam tidak berpengaruh terhadap semua peubah seperti parameter panjang tunas, jumlah tunas, jumlah daun, diameter tunas, jumlah akar, panjang akar, berat basah akar, berat kering akar, berat berangkasan basah dan berat berangkasan kering.
Kata kunci: Pogostemon cablin Benth, jenis media tanam dan ZPT Rootone-F

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK