//

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH BERDASARKAN VARIASI WAKTU DAN SEGMEN JALAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSTAFA KAMAL - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kemacetan lalu-lintas merupakan suatu pemandangan rutin yang terjadi di kota-kota Indonesia termasuk Banda Aceh. Salah satu lokasi rawan kemacetan yaitu ruas Jalan Teuku Umar, Seutui Banda Aceh. Pada lokasi ini terdapat pusat perbelanjaan dan kawasan pertokoan. Pada ruas jalan ini juga terdapat on-street parking yang menyebabkan kapasitas jalan berkurang. Tujuan penelitian ini adalah meninjau kinerja jalan pada ruas Jalan Teuku Umar berdasarkan variasi waktu dan segmen jalan yaitu dengan membandingkan kinerja jalan pada hari libur Sabtu dan Minggu dan kinerja jalan pada hari kerja Senin dan Jumat pada kondisi eksisting dan kondisi relokasi on-street parking agar didapat kondisi terbaik untuk diterapkan dalam meningkatkan kinerja jalan. Adapun ruas jalan yang ditinjau tiga segmen jalan dengan panjang masing-masing Segmen ±200,00 m dan lebar per lajur 3,00 m. Tinjauan kinerja jalan ini dilakukan dengan menggunakan MKJI 1997. Data volume lau-lintas, hambatan samping, dan geometrik jalan didapat langsung dari survey dilapangan selama empat hari pengamatan (07.00-19.00 WIB), sedangkan data sekunder berupa data jumlah penduduk dan lokasi penelitian didapat dari instansi terkait. Dari analisis didapatkan hasil derajat kejenuhan (DS) tertinggi kondisi eksisting pada tiga segmen jalan,selama 4 hari pengamatan, segmen A hari Senin arah Sp.Tiga-Kota jam 07.00-08.00 WIB didapat DS 0,731, segmen B hari Senin arah Sp.Tiga-Kota jam 07.00-08.00 WIB didapat DS 0,694 dan segmen C hari Senin arah Sp.Tiga-Kota jam 07.00-08.00 WIB didapat DS 0,785. Upaya meningkatkan kinerja jalan dengan relokasi on-street parking, maka berdasarkan pengolahan data segmen A hari Senin menjadi 0,709, segmen B hari Senin menjadi 0,716 dan segmen C hari Senin menjadi 0,749. Hal ini membuktikan dengan penerapan Relokasi on-street parking kinerja jalan digolongkan baik dikarenakan derajat kejenuhan < 0,75. Kata Kunci : Kinerja Jalan, Derajat Kejenuhan, MKJI 1997.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI TARIKAN PERGERAKAN KE SUZUYA MALL DAN KINERJA LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (Ratih Citra Dewy Syahrir, 2016)

ANALISIS KINERJA JALAN DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH) (Cut Irmayanti, 2015)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH (HARITS FEBIRANDA, 2018)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI – BANDA ACEH) (MUHAJIR, S.T, 2014)

ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR SEUTUI KOTA BANDA ACEH (Mumtazul Fikri Musthafa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy