PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)


Pengarang

NADILA ANDARA PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1701102010078

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.155 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas diukur dengan Return On Equity, ukuran perusahaan diukur dengan Ln total penjualan, struktur modal diukur dengan membandingkan Debt To Equity Ratio, dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan data panel dengan sampel 23 perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia periode 2015-2019 yang diambil menggunakan metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, struktur modal tidak mampu memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.


Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Nilai Perusahaan.

ABSTRACT

This study aims to see how the influence of profitability and firm size on firm value with capital structure as an intervening variable in consumer goods industrial sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Profitability is measured by Return On Equity, firm size is measured by Ln total sales, capital structure is measured by comparing Debt To Equity Ratio, and firm value is measured using Tobin's Q. This study uses panel data with a sample of 23 consumer goods industry companies in Indonesia for the 2015-2019 period which was taken using the purposive sampling method and analyzed using the Path Analysis method. The results showed that profitability had a positive and significant effect on firm value, firm size had a positive and insignificant effect on firm value, profitability had a positive and significant effect on capital structure, firm size had a positive and insignificant effect on capital structure, and capital structure was unable to mediate the effect. profitability on firm value, capital structure is not able to mediate the effect of firm size on firm value, capital structure has a negative and insignificant effect on firm value.


Keywords: Profitability, Firm Size, Capital Structure and Firm Value.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK