EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKANRN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERIRN DI KOTA LANGSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKANRN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERIRN DI KOTA LANGSA


Pengarang

SAID MUHAMMAD - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0209200050120

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2007

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN
PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI
DI KOTA LANGSA
Oleh : Said Muhammad
Nim : 0209200050120

Pembimbing :
1. Dr. H. Djailani AR, M.Pd
2. Dr. H. Yusuf Aziz, M. Pd
ABSTRAK
Supervisi pendidikan merupakan bantuan profesional yang diberikan oleh supervisor (kepala sekolah) kepada guru dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan profesionalnya supaya semakin mampu mengelola proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan, teknik-teknik supervisi, dan aspek aspek yang menjadi sasaran supervisi dengan mendeskripsikan sistem pelaksanaan oleh kepala sekolah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru pada Madrasah Aliyah Negeri Langsa dan Madrasah Aliyah Negeri Kampong Teungoh Kota Langsa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah meliputi persiapan program supervisi yang berorientasi pada pembenahan administrasi, pelayanan masyarakat dan memenuhi berbagai tugas demi kepentingan dinas, pelaksanaan teknik-teknik supervisi yang dilakukan menggunakan teknik supervisi bersifat individual dengan cara kunjungan kelas, wawancara, pengamatan, dan supervisi kliniks sedangkan untuk pembinaan seluruh guru dan staf melalui rapat dan diskusi kelompok, setiap awal tahun ajaran kepala sekolah menyusun jadwal supervisi, realisasi pelaksanaannya sangat jarang untuk dilaksanakan sesuai menurut jadwal yang telah disusunnya, aspek yang disupervisi terdiri atas kemampuan mengajar guru, dan aspek keterampilan kerja guru, sedangkan aspek disiplin kerja guru, dan aspek kepuasan kerja guru belum menjadi perhatian. Pelakasanaan supervisi oleh kepala sekolah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Langsa belum berjalan secara efektif.

Kata kunci : Supervisi Pendidikan dan Efektifitas


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK