//

FAKTOR-FAKTOR YANG RNMEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI PERTANIAN KE RNINDUSTRI KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzatul Azani - Personal Name
SubjectLABOR - ECONOMICS
AGRICULTURAL ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kecamatan Lhoknga merupakan salah satu Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar. Perkembangan yang terjadi dewasa ini juga memperlihatkan adanya pergeseran komposisi lapangan kerja wanita di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Pergeseran itu tampak bergerak dari lapangan pekerjaan di sektor pertanian ke lapangan pekerjaan sektor industri yaitu diantaranya industri rumah tangga kerajinan rotan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap tahunnya tenaga kerja wanita yang bekerja di sektor pertanian semakin menyusut, mereka cenderung beralih ke sektor industri, diantaranya industri kerajinan seperti memproduksikan berbagai macam produk rumah tangga dari bahan baku rotan dan lain lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Objek penelitian ini adalah wanita yang beralih dari pertanian ke industri kerajinan rotan. Ruang lingkup dalam penelitian ini terbatas pada masalah faktorfaktor yang mempengaruhi transformasi tenaga kerja wanita dari pertanian ke industri kerajinan rotan di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Data yang digunakan adalah dari tahun 2007 – 2013. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor, Luas Lahan, Pendapatan di Pertanian, Pendapatan di Industri Kerajinan Rotan, dan Jumlah Industri Kerajinan Rotan terhadap transformasi tenaga kerja dari sector pertanian ke sector industry kerajinan rotan di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Kesimpulan yaitu pengaruh faktor tersebut baik secara parsial maupun secara simultan dan besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap tranformasi tenaga kerja wanita adalah sebesar 99,3 %.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR INDUSTRI DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Jayanti, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MIGRASI TENAGA KERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR NON PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (FEISAL AKBAR, 2018)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PETANI SERAI WANGI (CYMBOPOGON NARDUS. L) DI KABUPATEN GAYO LUES (Nova Yulini, 2020)

PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI PROVINSI ACEH (Teguh Fahrur Rozi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy