MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS AREOLATUS DI PERAIRAN UTARA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS AREOLATUS DI PERAIRAN UTARA ACEH


Pengarang

Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perairan utara Aceh merupakan daerah yang memiliki sumber daya laut yang melimpah dan beragam, salah satunya ikan kerapu E. areolatus. Ikan kerapu E. areolatus merupakan salah satus pesies ikan kerapu yang permintaan dan nilai ekonominya tinggi. Akan tetapi, penelitian mengenai ikan E. areolatus sangat sedikit terlebih lagi mengenai morfometrik, meristik dan biologi reproduksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakter morfometrik, meristik dan aspek biologi reproduksi ikan E. areolatus. Pengambilan sampel ikan dilakukan dari bulan Juni 2020-Januari 2021 di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo. Analisis morfometrik, meristik dan biologi reproduksi dilaksanakan di Laboratorium Genetika dan Biodiversitas Akuatik Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian diperoleh ukuran ikan kerapu E. areolatus yang tertangkap di perairan utara Aceh berkisar 127,6-303,3 mm (225,828±43,462 mm) dengan IX.17 jari-jari sirip punggung, 54-129 linea lateralis dan polaper tumbuhan bersifat isometrik. Tingkat kematangan ikan kerapu E. areolatus yang tertangkap banyak ditemukan pada TKG I dan TKG II dengan jenis kelamin betina. Indeks kematangan gonad berkisar 0,01-2,39% dengan pertama kali matang gonad pada ukuran 175,9 mm. Fekunditas total berkisar 2,864-114,842 butir dan fekunditas relatif berkisar 18-563 butir yang dipengaruhi oleh ukuran panjang dibandingkan dengan berat tubuh.
Kata kunci: Epinephelus areolatus, hubungan panjang-berat, TKG, rasio kelamin, IKG, fekunditas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK