STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL


Pengarang

Zakianti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050019

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN
KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19
DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL
Oleh : Zakianti
NPM : 1909200050019
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Pada masa pandemi COVID-19 peran kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap
peningkatan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
progam, pelaksanaan dan evaluasi dalam meningkatkan kinerja guru pada masa
pandemi COVID-19 di SD T. Nyak Arif Fatih Bilingual School. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa:
(1) Progam kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi
COVID-19 di SD T. Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan menerapkan
beberapa progam diantaranya yaitu pelaksanaan pelatihan aplikasi pembelajaran
online, pembentukan kelompok kerja guru (KKG) dan metode pembelajaran
Hybrid Learning; (2) Pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru pada masa pandemi COVID-19 dilaksanakan dengan cara pembinaan kinerja
guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin tenaga pendidik, pemberian
motivasi dan penghargaan; (3) Evaluasi kinerja guru peran kepala sekolah
mengacu pada prinsip evaluasi yaitu menilai kemampuan guru dalam menerapkan
semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran,
pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi
sekolah. Kepala sekolah memiliki tugas untuk menilai kinerja baik buruk
bawahannya dan memiliki peran penting untuk meningkatkan mutu sekolah
dengan mengevaluasi secara berkala.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Pandemi COVID-19

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK