Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL
Pengarang
Zakianti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1909200050019
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN
KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19
DI SD T. NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL
Oleh : Zakianti
NPM : 1909200050019
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Pada masa pandemi COVID-19 peran kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap
peningkatan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
progam, pelaksanaan dan evaluasi dalam meningkatkan kinerja guru pada masa
pandemi COVID-19 di SD T. Nyak Arif Fatih Bilingual School. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa:
(1) Progam kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada masa pandemi
COVID-19 di SD T. Nyak Arif Fatih Bilingual School dengan menerapkan
beberapa progam diantaranya yaitu pelaksanaan pelatihan aplikasi pembelajaran
online, pembentukan kelompok kerja guru (KKG) dan metode pembelajaran
Hybrid Learning; (2) Pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru pada masa pandemi COVID-19 dilaksanakan dengan cara pembinaan kinerja
guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin tenaga pendidik, pemberian
motivasi dan penghargaan; (3) Evaluasi kinerja guru peran kepala sekolah
mengacu pada prinsip evaluasi yaitu menilai kemampuan guru dalam menerapkan
semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran,
pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi
sekolah. Kepala sekolah memiliki tugas untuk menilai kinerja baik buruk
bawahannya dan memiliki peran penting untuk meningkatkan mutu sekolah
dengan mengevaluasi secara berkala.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Pandemi COVID-19
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL DENGAN SISWA SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Mahdalena, 2017)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA MASA COVID 19 DI SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL PUTRI BANDA ACEH (RAYSA HIYAL ULYA, 2021)
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GITAR DI SEKOLAH TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL (LADIES) (CUT MAULINDA, 2018)
AN EVALUATION OF ENGLISH TEXTBOOK “AIM HIGH 3” (A QUALITATIVE RESEARCH AT SMA TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL) (Sitti Jamilah, 2018)
THE USE OF PUPPETS IN INCREASING STUDENTS' VOCABULARY (A STUDY AT SDN 67 PERCONTOHAN BANDA ACEH AND SD TGK. FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Rizka Maulia Adnansyah, 2021)