PENGARUH VARIASI KOMPOSISI HAP-KITOSAN PADA BIOKOMPOSIT SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI HAP-KITOSAN PADA BIOKOMPOSIT SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT


Pengarang

LIDYA RIZQI PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1608102010029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian pengaruh variasi komposisi HAp-kitosan pada biokomposit sebagai kandidat bone graft. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan sintesisi HAp-kitosan dan mengetahui pengaruh variasi komposisi HAp-Kitosan terhadap karakteristik bone graft (sifat fisis dan mekanik) agar memenuhi karakteristik tulang alami. Sintesis komposit dilakukan dengan metode pencampuran sederhana dengan sampel kontrol HAp:kitosan (%) 100%:0% dan variasi komposisi (%berat) HAp:kitosan 90%:10%, 85%:15%, dan 80%:20%. Karakterisasi yang dilakukan adalah karakteristik fisis (porositas) dan karakteristik mekanik (kuat tekan). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa variasi komposisi HAp-kitosan mempengaruhi nilai rata-rata persentase porositas dan nilai rata-rata kuat tekan. Berdasarkan nilai rata-rata persentase porositas, bone graft yang memenuhi karakteristik tulang alami adalah pada bone graft dengan variasi komposisi HAp-kitosan 100%:0% yang memiliki nilai rata-rata persentase porositas 19% dapat digunakan pada bagian tulang cortical, pada bone graft dengan variasi komposisi HAp:kitosan 80%:20% memiliki nilai rata-rata persentase porositas 48,85% dapat diaplikasikan pada tulan cansellous di bagian calvaries plate dan pada bone graft dengan variasi komposisi HAp:kitosan 85%:15% memiliki nilai rata-rata persentase porositas 32,16% dapat diaplikasikan pada tulang cansellous di bagian spinal spacer dan lamina spacer. Berdasarkan nilai rata-rata kuat tekan, bone graft yang memenuhi karakteristik tulang alami adalah pada bone graft dengan variasi komposisi HAp-kitosan 100%:0% yaitu sebesar 10,1 MPa. Sedangkan pada HAp-kitosan dengan variasi komposisi 90%:10%, 85%:15%, 80%:20% memiliki nilai rata-rata kuat tekan yang melebihi nilai karakteristik tulang cansellous dan belum memenuhi nilai karakteristik tulang cortical.

Kata kunci: Bone graft, biokomposit HAp-kitosan, porositas, kuat tekan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK