PERAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MEWUJUDKAN KEMAKMURAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID DI KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MEWUJUDKAN KEMAKMURAN MASJID (STUDI KASUS PADA MASJID DI KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

SARAH NUR JULANA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010047

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini secara empiris menguji pengaruh penerapan pengelolaan aset dan utang terhadap kemakmuran masjid di Kota Banda Aceh, Indonesia. Penelitian ini juga mencoba untuk menyelidiki secara empiris efek moderasi religiusitas pada hubungan antara pengelolaan aset dan utang terhadap kemakmuran masjid. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden terpilih. Sampel penelitian ini meliputi pengurus inti masjid yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara masjid yang berjumlah 105 orang dari 37 masjid, yang dipilih dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan regresi moderasi, penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan aset dan utang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kemakmuran masjid. Selain itu, penelitian ini mendokumentasikan efek moderasi positif signifikan dari religiusitas pada hubungan antara pengelolaan aset dan utang terhadap kemakmuran masjid. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk lebih meningkatkan kemakmuran masjid, maka pengelolaan aset dan utang serta religiusitas pengelola masjid juga perlu ditingkatkan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK