KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATISSISWA SMK MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATISSISWA SMK MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM


Pengarang

Teuku Julizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1906203020007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Teuku Julizal. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMK melalui Project Based Learning dengan Pendekatan STEM.
Kemampuan yang harus dimiliki setiap individu pada abad ini dikenal sebagai 21st Century Skills. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir kreatif. Seiring dengan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa, maka tak terlepas dengan adanya disposisi matematis yang harus turut di kembangkan secara bersamaan. Pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa yaitu pendekatan STEM. Salah satu subjek STEM adalah matematika. Penerapan STEM dapat berhasil jika didukung oleh salah satu model pembelajaran, yaitu Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Panga Kabupaten Aceh Jaya dengan mengambil satu kelas yaitu X TBSM secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non-tes. Tes meliputi tes kemampuan berpikir kreatif dan non-tes meliputi angket disposisi matematis siswa. Untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa digunakan Uji-t berpasangan (paired t-test). Pada taraf signifikan 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM; 2) terdapat peningkatan disposisi matematis siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis, PjBL, STEM.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK