KARAKTERISASI ARANG DARI LIMBAH DAPUR BATU BATA MERAH TERHADAP UJI MUTU ARANG AKTIF | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KARAKTERISASI ARANG DARI LIMBAH DAPUR BATU BATA MERAH TERHADAP UJI MUTU ARANG AKTIF


Pengarang

NURUL AKMAL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103040043

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: karakterisasi, limbah arang, mutu arang aktif
Limbah arang akasia (acacia mangium) yang terdapat pada pembakaran batu bata dapat dijadikan arang aktif yang bernilai ekonomis dan dapat mengurangi penumpukan limbah biomassa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji mutu arang aktif berdasarkan SNI 06-3730-1995. Limbah arang akasia diambil dari salah satu pembakaran batu bata di Desa Tanjung Selamat Aceh Besar. Sampel diaktivasi dengan uap air menggunakan autoclave pada tekanan 1,5 atm suhu 125? selama 30 menit dan aktivasi arang dengan larutan HCl 0,2M selama 24 jam. Karakterisasi arang akasia berdasarkan parameter uji yaitu kadar air, kadar abu, kadar zat terbang, kadar karbon, daya serap iodium dan daya serap metilen biru dengan ukuran arang 100 mesh. Hasil penelitian menunjukkan hampir semua parameter memenuhi SNI 06-3730-1995. Karakterisasi arang yang diaktivasi dengan HCl diperoleh daya serap metilen biru lebih baik daripada aktivasi uap air dan tanpa aktivasi. Namun, hasil uji yang tidak sesuai SNI yaitu daya serap iodium dan kadar zat terbang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa arang aktif dari limbah kayu akasia dapat dijadikan adsorben dalam menyerap zat warna metilen biru.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK