PENGARUH KECEPATAN ARUS TERHADAP SEBARAN SUHU PERMUKAAN KLOROFIL-A DI SELAT MAKASSAR PADA FEBRUARI DAN AGUSTUS 2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH KECEPATAN ARUS TERHADAP SEBARAN SUHU PERMUKAAN KLOROFIL-A DI SELAT MAKASSAR PADA FEBRUARI DAN AGUSTUS 2017


Pengarang

TRI AYU ANGRENY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1711101010032

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Selat Makassar memiliki perairan yang sangat khas untuk diteliti karena merupakan jalur utama Arus Lintas Indonesia (ARLINDO) dan penghubung antara Samudra Pasifik dan Hindia dengan perairan Indonesia. Selain itu, kondisi oseanografi Selat Makassar dipengaruhi oleh angin monsun barat dan monsun timur yang memiliki karakteristik sangat berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model sirkulasi dan sebaran suhu permukaan laut dan klorofil-a di Selat Makassar pada dua bulan yang berbeda yaitu Februari dan Agustus 2017, serta menginterpretasikan pengaruh kecepatan arus terhadap distribusi suhu permukaan laut dan klorofil-a pada dua bulan yang berbeda yaitu Februari dan Agustus 2017. Data arus, SPL, klorofil-a, dan angin diperoleh dan dianalisis menggunakan metode analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, arus di Selat Makassar lebih kuat pada Agustus dibandingkan Februari, dengan kecepatan rata-rata 1 m/s pada Agustus dan 0,5 m/s pada Februari. Pada bulan Februari dan Agustus, sebaran suhu permukaan laut di Selat Makassar cenderung menghangat ke arah pesisir barat dan pesisir timur, dengan suhu rata-rata 29°C pada bulan Februari dan 27,5°C pada bulan Agustus. Konsentrasi klorofil-a di Selat Makassar bervariasi menurut bulan, dimana pada bulan Agustus lebih subur dibandingkan bulan Februari, dengan distribusi di sepanjang pesisir barat Selat Makassar pada bulan Agustus dan beberapa titik di pesisir barat dan pesisir timur selat Makassar pada bulan Februari.

Kata Kunci: Selat Makassar, Monsun, Arus, SPL, Klorofil-a, ARLINDO

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK