//

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS (MATH ANXIETY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERLIANITA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kecemasan Matematis, Prestasi Belajar Kecemasan merupakan unsur kejiwaan yang menggambarkan suatu keadaan perasaan, keadaan emosional, gelisah, ketidak tentuan, atau takut dari kenyataan. Apabila kecemasan dalam belajar matematika telah mendominasi pikiran seseorang, maka ia akan sulit berfikir dan berkonsentrasi yang akhirnya akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Jika semakin tinggi tingkat kecemasan matematis siswa maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu peneliti ingin mengadakan suatu penelitian yang bejudul “Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi siwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh antara kecemasan matematis dengan prestasi belajar siswa baik secara umum maupun dilihat berdasarkan faktor gender yaitu gender laki-laki dan perempuan serta berdasarkan faktor jurusan yang meliputi jurusan IA dan IS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 11 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 16.0 for windows dan Microsoft Excel 2007. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jika dilihat dari faktor gender laki-laki tidak terdapat pengaruh antara kecemasan matematis dengan memperhatikan faktor gender laki-laki, sedangkan jika dilihat dari faktor gender perempuan terdapat pengaruh antara kecemasan matematis dengan memperhatikan faktor gender perempuan. Sementara itu tidak terdapat pengaruh kecemasan kecemasan matematis dengan prestasi belajar siswa dengan memperhatikan faktor jurusan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015)

TINGKAT KECEMASAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENERAPAN COLLABORATIVE TEACHING (Wahyu N, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Rizka Machrina Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy