//

KEMAMPUAN KITIN DARI LIMBAH CANGKANG KEPITING BAKAU GENUS SCYLLA DALAM PENGIKATAN MERKURI (HG) DI PERAIRAN KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang resa syafitri - Personal Name
SubjectANIMAL WASTES
MERCURY (ELEMENT)
CRABS-CONSERVATION TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kitin, Krueng Sikulat, Merkuri, Penambangan emas Penelitian tentang “Kemampuan Kitin dari Limbah Cangkang Kepiting Bakau Genus Scylla dalam Pengikatan Merkuri (Hg) di Perairan Krueng Sikulat Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan” telah dilaksanakan dari bulan April sampai Juni 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai variasi penambahan serbuk kitin terhadap penurunan kadar merkuri pada sampel air Krueng Sikulat yang tercemar oleh penggunaan merkuri pada penambangan emas di sekitar perairan. Kitin yang digunakan pada penelitian ini berasal dari limbah cangkang kepiting bakau genus Scylla. Sampel air Krueng Sikulat diambil langsung dari daerah penambangan emas kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Pengujian sampel air menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratorium jenis kuantitatif menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dibagi dalam 5 perlakuan dengan 3 pengulangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Sidik Ragam (Ansira). Hasil analisis data diperoleh perbedaan yang nyata sehingga dilanjutkan dengan uji lanjutan yaitu uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf kepercayaan 5%. Penurunan kadar merkuri pada sampel air yang ditambahkan serbuk kitin, diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel pada taraf kepercayaan 5% (4641,7778 > 3,48). Penurunan paling tinggi pada perlakuan P4 dengan penambahan serbuk sebanyak 7 gram. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan sampel yang tidak ditambahkan serbuk kitin pada perlakuan P0, kadar merkuri yang terkandung rata-rata 2,7791 ppb. Penambahan serbuk kitin kepiting bakau mampu menurunkan kadar merkuri pada sampel air sungai Krueng Sikulat Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KITIN DARI CANGKANG KEPITING BAKAU (SCYLLA SPP) DALAM MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL JEROAN SAPI (Subhan Hadi Kusuma, 2016)

HUBUNGAN PANJANG BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI PERAIRAN MANGROVE KECAMATAN PEUKAN BADA, KABUPATEN ACEH BESAR (Nia Silvia, 2019)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) DI PERAIRAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Audi Maldini, 2017)

PENGARUH LAMA WAKTU MOLTING KEPITING BAKAU (SYCLLA SERRATA) JANTAN DENGAN METODE POPEY DAN METODE ABLASI DI GAMPONG COT LAMKUWEH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Sabrina Ayu Nani Nst, 2017)

HUBUNGAN LEBAR KARAPAS DAN BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) SERTA FAKTOR KONDISI DI PERAIRAN ACEH SINGKIL (Kasril, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy