SINTESIS DAN UJI KINERJA PUPUK UREA SLOW RELEASE PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SINTESIS DAN UJI KINERJA PUPUK UREA SLOW RELEASE PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.)


Pengarang

Zuraida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040044

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : urea slow release, pengaruh, kesetaraan dosis, pertumbuhan, Zea mays L.

????Telah dilakukan penelitian tentang sintesis dan uji kinerja pupuk urea slow release pada pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan pupuk urea slow release dan urea prill terhadap tinggi dan diameter batang, serapan nitrogen, dan efesiensi serapan nitrogen tanaman jagung, serta kesetaraan dosis dari penggunaan pupuk urea slow release dengan pupuk urea prill pada tanaman jagung hibrida varietas Pioneer 19. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 15 unit penelitian. Tanaman jagung ditanam pada lahan seluas 7 x 5 m2, dengan luas petak perlakuan 1 x 1 m2/tanaman, jarak antar blok dan petak perlakuan berturut-turut 0,5 dan 0,25 m. Parameter yang diamati adalah tinggi dan diameter batang, serapan N, serta efesiensi serapan N tanaman pada umur 30 hari setelah tanam (HST). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk urea slow release dan urea prill berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi dan diameter batang, serapan N, serta berpengaruh nyata terhadap efesiensi serapan N. Tinggi dan diameter batang, serta serapan N tertinggi diperoleh pada penggunaan 1,5 gram urea slow release. Penggunaan 0,5 gram pupuk urea slow release memiliki kesetaraan dosis dengan penggunaan 2 gram pupuk urea prill yang ditunjukkan oleh pertumbuhan tanaman yang tidak berbeda nyata pada uji BNT taraf 5%. Penggunaan pupuk urea slow release dengan dosis urea 0,5 gram mampu meningkatkan efesiensi serapan nitrogen 6 kali lebih besar dari penggunaan 2 gram pupuk urea prill, dan menghemat penggunaan urea sebesar 75% dari dosis urea prill.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK