ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT PEDAGANG MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT PEDAGANG MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR ACEH)


Pengarang

MARISA AGUSTINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010062

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh pengetahuan zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan dan lingkungan muzakki terhadap minat pedagang membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Untuk mendapatkan data, sebanyak 86 kuesioner telah disebarkan kepada responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat pedagang membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan dan lingkungan muzakki. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pengetahuan zakat, religiusitas dan lingkungan muzakki berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pedagang membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Pendapatan dan kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat pedagang membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Secara simultan, variabel pengetahuan zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan dan lingkungan muzakki secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat pedagang membayar zakat di Baitul Mal.

Kata Kunci: Pengetahuan Zakat, Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan,
Lingkungan Muzakki, Minat Pedagang Membayar Zakat
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK