//

PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA(SUATU STUDY : DI SMAN 1 DARUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Tarisa Elwi - Personal Name
SubjectMOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENTS
SCHOOL ENVIRONMENT - PSYCHOLOGICAL INFLUENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keguruan dan pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

PABSTRAK Kata Kunci: Lingkungan Sekolah,Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini berjudul “persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Darussalam”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap lingkungan sekolah di SMAN 1 Darussalam, motivasi belajar siswa SMAN 1 Darussalam, pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Methods) sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Darussalam yang berjumlah 85 siswa dan yang menjadi sampel adalah 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (secara acak). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan kuesioner yang dibagikan kepada siswa, tehnik pengolahan data dengan menggunakan regresi linier sederhana, untuk pengujian hipotesis digunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Darussalam , hal ini ditunjukkan oleh persamaan Y = 16,199 + 0,553X, atau dapat dilihat dari hasil pengujian regresi linear sederhana, menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar yaitu sebesar 0,553X. Pengujian koefisien determinasi (R^2)sebesar 0,596% dapat diartikan 59,6% motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. Untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji F danuji t. Untuk uji F Hasil pengolahan data memperlihatkan nilaiF_hitungsebesar 70,875. NilaiF_tabel pada tingkat keyakinan 95% menunjukkan angka sebesar 2,807.Karena nilaiF_hitung>F_tabel( 70,875> 2,807) maka hipotesis Ha diterima, sebaliknya hipotesis Ho ditolak, dan untuk uji t Dengan membandingkan nilait_hitung dan nilai t_tabel, dapat diketahui nilai t_hitunglingkungan sekolah sebesar 8,419. Bila dibandingkan dengan nilait_tabel sebesar 2,0106. Dengan demikian nilait_hitung>t_tabelmaka secara persial lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE INFLUENCE OF TEACHER TOWARD STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH (A SURVEY RESEARCH AT SMAN 9 BANDA ACEH) (Marzatillah, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS III PENDIDIKAN REGULER SMAN 3 BANDA ACEH DAN SISWA PENDIDIKAN ASRAMA SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaki rusmana putra, 2014)

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SLTA DI KECAMATAN TRIENGGADENG (SISKA YANI, 2017)

THE EFFECTS OF MOTIVATION OF SMA NEGERI 1 BANDA ACEH STUDENTS IN LEARNING ENGLISH (Cut Irda Lizma, 2019)

THE MOTIVATION OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IN LEARNING ENGLISH (Agi Saputra, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy