DAMPAK PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA KELAS XI SMAN 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DAMPAK PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA KELAS XI SMAN 3 BANDA ACEH


Pengarang

ANITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104030033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Anita. 2021. Dampak Penggunaan Social Media Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja kelas XI SMAN 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
1) Drs. Abu Bakar, M.Si 2) Zahra Nelissa, S.Pd M.Ed
Kata kunci : Penggunaan Social Media, Perilaku Prososial
Perilaku prososial merupakan perilaku menolong atau membantu orang lain yang bertujuan untuk mengubah keadaan fisik dan psikologis orang lain agar menjadi lebih baik. Salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap perilaku prososial adalah penggunaan social media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan social media dan perilaku prososial serta pengaruh penggunaan social media terhadap perilaku prososial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket yang dianalisis secara statistik deskriptif dan regresi linear. Populasi dalam penelitian yaitu kelas XI berjumlah 295 siswa dengan sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan social media berada pada kategori tinggi 74,7% (56 siswa) dan perilaku prososial pada kategori tinggi 88% (66 siswa). Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan social media terhadap perilaku prososial dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 dan nilai koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0.128 (12,8%). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan social media berpengaruh positif namun rendah terhadap perilaku prososial pada siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK