Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI KELAS IV SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021/2022 SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR
Pengarang
NADIA ATIKA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040093
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Atika, Nadia. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Di Kelas IV Semester I Tahun Ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Drs. Soedirman Z, M.Pd
Kata kunci: Pengaruh, metode eksperimen, hasil belajar.
Hasil belajar IPA masih ada yang belum tuntas hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Seharusnya guru memilih metode yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu usaha yang digunakan dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 28 peserta didik kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas IVb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 5, maka diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 6,36. Sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,36 > 1,68. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh metode Eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 dan subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Tidak Tersedia Deskripsi
PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI STIMULUS OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Ria Afriani, 2021)
PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN PB 1 DI KELAS IV SD NEGERI MONTASIK (Nurul Atikah, 2022)
PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (SARI SUSANTI, 2021)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)