PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI KELAS IV SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021/2022 SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI KELAS IV SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021/2022 SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR


Pengarang

NADIA ATIKA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040093

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Atika, Nadia. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Di Kelas IV Semester I Tahun Ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Drs. Soedirman Z, M.Pd
Kata kunci: Pengaruh, metode eksperimen, hasil belajar.
Hasil belajar IPA masih ada yang belum tuntas hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Seharusnya guru memilih metode yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu usaha yang digunakan dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 28 peserta didik kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas IVb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 5, maka diperoleh ttabel = 1,68 dan thitung = 6,36. Sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,36 > 1,68. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh metode Eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 1 dan subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV semester I tahun ajaran 2021/2022 SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK