PROSES PENYELESAIAN JARIMAH KHALWAT (MESUM) DI KECAMATAN SAWANG, ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PROSES PENYELESAIAN JARIMAH KHALWAT (MESUM) DI KECAMATAN SAWANG, ACEH SELATAN


Pengarang

WARDI SAPUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101010045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Wardi Saputra. 2021. Proses Penyelesaian Jarimah Khalwat di Kecamatan Sawang, Aceh Selatan. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

1) Dr. Rusli Yusuf, M.Pd 2) Irwan Putra, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci : Jarimah Khalwat, Jinayah, Penyelesaian Adat dan Peradilan Adat
Penelitian ini berjudul: “Proses Penyelesaian Jarimah Khalwat di Kecamatan Sawang, Aceh Selatan”. Penelitian ini akan mendeksripsikan proses penyelesaian khalwat di kecamatan Sawang dengan melihat dari aspek hukum penyelesaian khalwat. Penyelesaian Jarimah khalwat dapat dilakukan pada tingkat desa melalui peradilan adat dengan melibatkan aparatur desa, tokoh adat/masyarakat dan para cendikiawan lainnya. Rumusan Masalah dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana proses penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan Sawang, Aceh Selatan? (2) bagaimana keterlibatan para tokoh masyarakat dalam penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan sawang Aceh Selatan? 3) apa saja kendala dan dampak dalam penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan sawang Aceh Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan Sawang, Aceh Selatan. (2) agar mengetahui bagaimana keterlibatan para tokoh masyarakat dalam penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan sawang Aceh Selatan. (3) untuk mengetahui apa saja kendala dan dampak dalam penyelesaian jarimah khalwat (mesum) di kecamatan sawang Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara. Subjek penelitian diambil melalui teknik purposive sampling, yang berjumlah 12 subjek penelitian di antaranya: 4 orang Imum Mukim, 4 orang Aparatur desa, dan 4 orang tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penyelesaian khalwat di Sawang diselesaikan secara sederhana tanpa menyerupai pesidangan formil. Namun, ada beberapa kasus yang diselesaikan melalui peradilan formal tanpa sepengetahuan keuchik, imum mukim, dan kepolisisan sekitar. (2) Tidak semua aparatur desa dan tokoh masyarakat hadir pada saat penyelesaian kasus khalwat ini. Kasus khalwat tidak pernah diselesaikan pada tingkat mukim. (3) Kendala penyelesaian ini terjadinya pembangkangan dari pelaku terhadap usulan dan penjatuhan sanksi dari pihak desa yang kemudian berdampak pada timbulnya rasa kebencian.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK