//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maryandi wantemas - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
SNOWBALL THROWING TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Prestasi Belajar, Aktivitas, Keterampilan, Model Snowball Throwing. Pada proses belajar mengajar guru sudah mengupayakan sebagai cara untuk meningkatkan penguasaan materi, tetapi masih ada siswa yang mengalami kendala-kendala dalam proses belajar mengajar tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian adalah 1. Apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa 2. Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran geografi dengan penerapan model pembelejaran Snowball Throwing 3. Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran Snowball Throwing dalam kegiatan belajar mengajar 4. Bagaiman respon siswa terhadap penerapan model embelajaran Snowball Throwing. Untuk itu perlu model-model pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model Snowball Throwing, untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, untuk mengetahui apakah model Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa geografi SMA Negeri 1 Peukan Bada, dan untuk mengetahui respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi struktur lapisan kulit bumi dan bentuk muka bumi. Teknik pengolahan data menggunakan rumus statistik deskriptif, P=F/Nx100%. Untuk analisis data menggunakan tes dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahawa terdapat peningkatan prestasi setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Berdasarkan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. Pada siklus I secara klasikal telah tuntas 50% dari 10 soal ada 5 soal yang telah mencapai ketuntasan. Secara individual tuntas sebesar 63% atau dari 22 siswa, hanya 7 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II secara klasikal sudah tuntas sebesar 90% dari 10 soal tes hanya 1 soal yang belum tuntas. Secara individual tuntas sebesar 90% atau dari 22 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas. Adapun respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar menggunakan model Snowball Throwing pada materi struktur lapisan kulit bumi dan bentuk muka bumi bersifat senang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (maryandi wantemas, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 1 SERUWAY (Hajina, 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNETIK DI KELAS XII-IA2 SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (sri wahyuni, 2015)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (Nurliana, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy