TINGKAT KECEMASAN PASIEN TRIAGE KUNING DAN HIJAU DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TINGKAT KECEMASAN PASIEN TRIAGE KUNING DAN HIJAU DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH


Pengarang

INDIMEILIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1712101010125

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kondisi gawat darurat sering menimbulkan kecemasan pada pasien ketika berada di Instalasi Gawat Darurat sehingga dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien. Oleh karena itu, pentingnya asuhan keperawatan yang dapat mengurangi tingkat kecemasan pada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada pasien triage kuning dan hijau di ruang Instalasi Gawat Darurat. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Meuraxa Banda Aceh mulai dari tanggal 29 Juni sampai dengan 26 Juli 2021, dan didapatkan sampel berjumlah 60 pasien yang diperoleh dengan cara accidental sampling. Kriteria pasien mampu berkomunikasi dengan baik, dan pasien rawatan maksimal 24 jam di IGD. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Ranting Scale (HARS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien triage kuning mengalami cemas sedang (73,2%), pasien triage hijau mengalami cemas ringan (52,6%). Rekomendasi dari penelitian ini dibutuhkan pengkajian aspek psikososial pada pasien yang sedang menjalani rawatan triage kuning dan hijau di Instalasi Gawat Darurat. Karena respon kecemasan seperti vasokontriksi dan meningkatnya pacu jantung dapat mengancam peningkatan kebutuhan oksigen miokard.


Kata Kunci: instalasi gawat darurat, kecemasan, triage kuning, triage hijau

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK