MANAJEMEN PENGAWAS SEKOLAH DASAR NEGERI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MANAJEMEN PENGAWAS SEKOLAH DASAR NEGERI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Juliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050032

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN PENGAWAS SEKOLAH DASAR NEGERI
PADA MASA PANDEMI COVID-19
DI KABUPATEN PIDIE

Oleh : Juliana
NPM : 1909200050032

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK

Di masa pandemi Covid-19, kehadiran seorang pengawas sekolah sangat penting, terutama dalam memberikan bimbingan dan pengawasan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penilaian, tindak lanjut, serta faktor pendukung dan penghambat program Pengawas Sekolah Dasar Gugus 01 pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengawas Sekolah Dasar Gugus 01 sudah melakukan perencanaan pengawasan masa pandemi covid-19, tetapi perencanaan tersebut belum dapat dilakukan secara maksimal karena kondisi covid-19 sehingga perencanaan pengawasan belum sesuai dengan panduan pengawasan masa covid-19. 2) Pelaksanaan pengawasan dilakukan dengan cara memastikan kebijakan pemerintah dilaksanakan oleh satuan pendidikan, melakukan sosialisasi peraturan pembelajaran masa covid-19, kunjungan lapangan, dan memerintahkan satuan pendidikan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka. 3) Proses evaluasi dilakukan dengan mengecek kelengkapan perangkat pembelajaran guru pada masa covid-19, kemudian juga mengecek kehadiran guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring dan tatap muka. 4) Tindak lanjut kegiatan pengawasan dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi, namun kegiatan tersebut merujuk pada petunjuk yang keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga tindak lanjut program pengawasan belum begitu maksimal. 5) Faktor pendukung program pengawas adalah tersedianya Petunjuk Teknis Pengawasan di Masa Pandemi covid-19 dan Buku Panduan Kerja Pengawas Sekolah Dasar. Faktor penghambat adalah kondisi pandemi covid-19 yang belum terkendali serta kompetensi pengawas dalam mengoperasikan perangkat teknologi yang masih rendah sehingga berakibat pada kinerja pengawas yang kurang maksimal.

Kata Kunci : Manajemen, Pengawas, Sekolah Dasar, Covid-19

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK