//

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V NEGRI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARNI DAYANTI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
TWO STAY TWO STRAY TYPE (TSTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Penggunaan Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belar Penelitian ini berjudul penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalahnya adalah bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara memberikan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pretest sebanyak 21 siswa (72,41%) tidak tuntas 9 siswa (31,03%) tuntas hasil belajarnya. Nilai rata-rata yang dicapai siswa 61,16 engan nilai tertinggi sebesar 80, nilai terendah sebesar 40 dan nilai rata-rata siswa 65,51. Kemudian pada postest jumlah siswa tuntas sebanyak 27 siswa (93,10%) dan 2 siswa (6,89%) tidak tuntas. Nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah sebesar 100, nilai terendah 60 dan nilai rata-rata siswa 77,24. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada pelajaran IPS materi Perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 16 Bnda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X-IPA 3 DI MAN DARUSSALAM (Lia Ariyani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (SRI NOVIANI, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IA DI MAN RUKOH BANDA ACEH (NANDA ELFINA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH (Zaliani, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENTRNTEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 7 RNBANDA ACEH (Mahrami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy