//

ANALISIS DISKRIMINAN MELALUI METODE FISHER RNTERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI MATERI BANGUN RUANG RNDI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadya - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : analisis diskriminan, prisma, limas Salah satu faktor yang sering terjadi sehingga tujuan pembelajaran sulit tercapai adalah karena siswa sering melakukan kesalahan dalam memahami konsep dan melakukan perhitungan seperti pada materi geometri, karena pada materi geometri siswa dituntut untuk memahami konsep dari setiap bangun sebelum mereka menghitung luas dan volume dari bangun tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meminimalisir kesalahan tersebut adalah dengan menggelompokkan antara siswa yang telah mampu menguasai materi dengan siswa yang belum mampu menguasai materi, sehingga guru dapat memberikan materi pelajaran sesuai dengan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Analisis diskriminan merupakan salah satu cara untuk mempermudah pengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya menguasai materi, yaitu dengan menggunakan metode fisher. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa presentase siswa yang telah menguasai materi prisma dan limas, mendapatkan fungsi diskriminan tentang penguasaan materi prisma dan limas serta mengetahui faktor-faktor penyebab sulitnya siswa menguasai materi prisma dan limas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII-8 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis diskriminan dengan metode fisher, 33,3 % siswa telah menguasai materi bangun ruang dan 66,6 % siswa belum menguasai materi prisma dan limas. Artinya dari 30 orang siswa hanya 10 orang siswa yang mampu menguasai materi prisma dan limas dengan baik. Fungsi akhir yang terbentuk adalah Y1 = 5,487X1 + 3,373X2 - 4,822X3 + 5,936X4 + 1,544X5 – 2,108X6 dan Y2 = 5,486X1 + 3,373X2 - 4,823X3 + 5,937X4 + 1,544X5 – 2,107X6

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN YANG DIALAMI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BANGUN RUANG KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Rahmi, 2014)

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Nurul Akmal, 2014)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (IIN ZIKRA MAULIDA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy