PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA SMAN KABUPATEN ACEH TIMUR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA SMAN KABUPATEN ACEH TIMUR


Pengarang

ABIDAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050020

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA SMAN
KABUPATEN ACEH TIMUR

Oleh : Abidah
NPM : 1709200050020

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Kepala sekolah harus memiliki komunikasi dan pengambilan keputusan yang baik untuk meningkatkan kompetensi guru yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh komunikasi kepala sekolah dan pengambilan keputusan terhadap kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada SMAN Kabupaten Aceh Timur. Sampel yang digunakan adalah Sampel dari penelitian ini adalah 30 (tiga puluh) kepala sekolah/wakil, 30 tiga puluh orang guru dan 30 (tiga puluh) orang siswa SMAN di Kabupaten Aceh Timur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara parsial komunikasi kepala sekolah memiliki pengaruh yang baik sebesar Secara kuantitatif komunikasi kepala sekolah memberikan kontribusi terhadap kompetensi guru sebesar 36,7 % dengan 12 indikator, yaitu : a) Keterbukaan; b) Empati; c) dukungan, d) rasa positif; e) kesamaan; f) komunikasi ke bawah; g) Komunikasi ke atas; komunikasi horizontal. (2) secara parsial pengambilan keputusan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kompotensi guru kuantitatif komunikasi kepala sekolah sebesar 20,3% dengan sub variabel dan indikator. Yaitu: a) inteligence; b) design; c) choice; d) implementasi; e) identifikasi masalah; f) kriteria keputusan; g) bobot keputusan; h) mengembangkan alternatif-alternatif; i) menganalisa alternatif; j) memilih alternatif; k) melaksanakan; l. mengevaluasi keputusan, (3) secara bersama-sama komunikasi dan pengambilan keputusan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kompetensi guru sebesar 47,7 %.dengan empat indikator yaitu: a) pedagogik, b) kepribadian, c) sosial dan d) profesional. Berdasarkan persamaan regresi linier berganda diperoleh Y = 194,715+ 0,353X1 + 0,99 X2 dengan koefisien korelasi sebesar 0,477. Nilai Fhitung > Ftabel = 2,534 dan nilai sig < 0,05, bearti Ho ditolak persamaan regresi signifikan. menunjukkan bahwa variabel komunikasi kepala sekolah dan pengambilan keputusan mempunyai hubungan yang baik terhadap kompetensi guru.

Kata Kunci: Komunikasi, Pengambilan Keputusan dan Kinerja Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK