PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH


Pengarang

KARTIKA SARI TARIGAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040073

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Tarigan, Kartika Sari. 2021. Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 51
Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Fauzi, M. Pd


(2) Drs. M. Husin, M. Pd

Kata Kunci: pembelajaran daring, hasil belajar siswa, mata pelajaran matematika

Mendikbud menetapkan pembelajaran daring sebagai upaya mengurangi penyebaran
covid-19 di Indonesia. SD Negeri 51 Banda Aceh merupakan salah satu sekolah yang
menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan pembelajaran daring dalam mata pelajaran matematika, kendala guru dan
siswa, hasil belajar siswa, dan materi matematika yang sulit dipahami siswa kelas IV
SD Negeri 51 Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian
adalah guru kelas IVB dan siswa kelas IVB yang berjumlah 28 siswa. Teknik
pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran daring di SD Negeri
51 Banda Aceh pada mata pelajaran matematika siswa kelas IVB pada semester
ganjil tahun ajaran 2020/2021 sudah berjalan dengan lancar karena guru memberikan
penugasan dan pemberian materi selama proses pembelajaran daring menggunakan
aplikasi Whatsapp. Kendala guru adalah tidak dapat memantau langsung tingkat
pemahaman siswa, kendala dalam penggunaan media, dan waktu yang terbatas.
Sedangkan kendala siswa yaitu tidak bisa bertanya dan meminta penjelasan secara
langsung kepada guru apabila ada materi yang sulit dan adanya gangguan dari
keluarga yang membuat belajar tidak fokus. Hasil Belajar siswa dikatakan belum
memenuhi kriteria penentuan pencapaian hasil belajar dikarenakan hanya sebanyak
78% siswa yang mampu mencapai nilai KBM. Materi yang sulit dipahami siswa
yaitu materi pembulatan dan taksiran. Simpulan penelitian ini adalah penerapan
pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di
kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh belum memenuhi kriteria penentuan pencapaian
hasil belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK