SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI LHOKSEUMAWE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI LHOKSEUMAWE


Pengarang

Elliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1909200050015

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN
PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI LHOKSEUMAWE

Oleh : Elliana
NPM : 1909200050015

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan membantu guru untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya dalam melaksanakan proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Lhokseumawe dan SMK Negeri 2 Lhokseumawe, melalui pelaksanaan program supervisi akademik diharapkan dapat meningkatkan profesional guru sebagai pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Program supervisi akademik. (2) Pelaksanaan supervisi akademik. (3) Tindak lanjut supervisi akademik. (4) Hambatan pelaksanaan supervisi akademik. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program supervisi akademik pada SMK Negeri 1 Lhokseumawe dan SMK Negeri 3 Lhokseumawe direncanakan pada setiap awal semester dan disusun oleh tim Penyiap Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang dijadwalkan pada tengah semester, (2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior sesuai dengan jadwal mengajar guru secara individu, teknik supervisi yang di jalankan melalui kegiatan Kunjungan kelas, Observasi kelas, Pertemuan Individu, sehingga dapat melihat langsung dan menilai kinerja guru, aspek-aspek yang disupervisi meliputi program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, agenda harian, daftar nilai, kriteria ketuntasan maksimal, kalender pendidikan, jadwal tatap muka dan absensi siswa. (3) Tindak lanjut yang berupa pemberian tugas kepada guru untuk melengkapi administrasi, melakukan pertemuan yang terstruktur untuk mencari solusi atas persoalan yang ditemukan, mengikutsertakan guru dalam pelatihan penggunaan IT, memberikan kesempatan studi lanjut serta mewajibkan guru mengikuti program MGMP, (4) Kendala pada pelaksanaan supervisi akademik yaitu, guru tidak siap untuk di supervisi, selain itu jadwal yang telah ditentukan sering mengalami perubahan dikarenakan terbenturnya dengan kegiatan sekolah.

Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Profesional Guru.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK