PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GETARAN PADA PROSES GURDI KOMPOSIT SERAT PISANG ABACA DENGAN MENGGUNAKAN PAHAT HSS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GETARAN PADA PROSES GURDI KOMPOSIT SERAT PISANG ABACA DENGAN MENGGUNAKAN PAHAT HSS


Pengarang

Mukhsin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404102010019

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Mesin (S1) / PDDIKTI : 21201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Proses penggurdian sudah banyak digunakan dalam industri manufaktur. Pada saat ini perkembangan industri manufaktur yang biasanya menggunakan material logam mulai digantikan dengan jenis material baru seperti material komposit. Material komposit menjadi pilihan dikarenakan dapat menekan biaya produksi selain murah material komposit juga berbahan serat alami juga ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh parameter pemotongan terhadap getaran pada material komposit serat pisang abaca, proses pembuatan panel komposit mengunakan metode handlayup dengan komposisi serat 5 % dan 95 % resin polyester. Dimana mesin yang digunakan adalah mesin CNC FEELER VMP-45 A dan menggunakan mata pahat jenis twist drill yang berdiameter 12 mm dengan material HSS. Dengan memvariasikan parameter pemesinan yaitu putaran spindel 1000 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm, pemakanan 0.1 mm/rev, 0.175 mm/rev, 0.25 mm/rev. Untuk mengetahui nilai getaran yang terjadi pada proses pemesinan tersebut diukur dengan menggunakan accelerometer. Dari Nilai getaran yang didapat, dilakukan juga perhitungan nilai RMS (root mean square). Dari hasil pengukuran nilai getaran, semakin tinggi putaran spindel dan pemakanan maka semakin tinggi nilai getaran. Nilai Getaran tertinggi didapat pada putaran spindel 5000 rpm pada pemakanan 0,25 mm/rev, yaitu 22,0458 m/s2 dan nilai getaran terendah didapat pada putaran spindel 1000 rpm pemakanan 0,1 mm/rev, yaitu 3,8695 m/s2 .
Kata kunci: Gurdi, komposit serat pisang abaca, sinyal getaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK